Tips Ampuh Mengatasi Kinerja Komputer yang Lambat



Komputer yang lambat atau lelet sangatlah menggangu pekerjaan, tapi anda harus tau bahwa kinerja komputer menjadi lambat bisa saja karena kelalaian anda untuk merawatnya. jika anda belum tahu cara merawat komputer dengan baik silahkan anda buka artikel sebelumnya mengenai Tips Merawat Laptop / Komputer Agar Tahan Lama. Sekarang pertanyaannya apakah anda mempunyai kinerja komputer yang lambat,  jika ia berikut tips yang bisa membantu anda untuk  mengatasinya.

1. Unistal program-program yang tidak diperlukan.
Untuk program yang tidak penting lebih baik anda anda menghapus nya, karena pemakaian memori anda akan semakin banyak. Anda tidak perlu menginstal program yang kegunaannya sama, contoh nya untuk penggunaan browser seperti internet explorer,opera,mozilla atau google chrome, gunakanlah salah satu browser untuk kebutuhan internet anda.

2. Cek pemakaian memori dan aplikasi yang memakan memori.
Untuk menstabilkan kinerja komputer saat di gunakan silahkan tekan Ctrl+Alt+del, kemudian  close atau end process program-program yang tidak diperlukan, karena mungkin ada program yang jalan secara otomatis saat komputer anda hidup.

3. Matikan Start Up application.
Start Up application adalah program-program yang berjalan otomatis ketika kita mulai menjalankan windows. Untuk mematikan start up nya tekan Windows + R, lalu ketik msconfig , kemudian pilih starup dan lakukan unchek terhadap aplikasi yang tidak di butuhkan untuk start up saat menghidupkan komputer.

Gambar : ( klik untuk memperbesarnya )


4. Jangan terlalu banyak menggunakan anti virus.
Program anti virus merupakan aplikasi yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan, cukup satu atau dua program anti virus yang anda gunakan untuk keamanan komputer anda dari bahaya virus.

5. Komputer lambat karena masalah pada hardisk komputer.
Masalah komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk di antaranya.
a. Hardisk low space.
b. Hardisk yang sudah lama.
c. Hardisk error

Cara mengatasinya.
1. Upgrade kapasitas hardisk dengan menmbahkan atau mengganti hardisk.
2. Lakukan defragmented pada hardisk secara berkala.
( Ketik Windows + E , klik kanan salah satu Disk, pilih properties, tool, Defragment now,analyze disk dan jika ada disk terdefragmented piliih defrgment disk ).
3. Hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.

6. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau apyware pada komputer.
Instal program anti virus, lakukan scanning secara berkala dan update anti virus anda.
Demikianlah tips untuk mengatasi komputer yang lambat atau lelet. Semoga bermanfaat.

Posted by: M Yanhar
22:58