Tips Merawat Laptop / Komputer dengan Baik agar Tahan Lama




Laptop merupakan barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar nantinya laptop anda akan mudah rusak, untuk itu anda harus menjaga dan merawatnya dengan benar.
Berikut tips yang bisa membantu untuk merawat laptop kesayangan anda.

1. Gunakan Pelindung LCD dan Pelindung keyboard.

2.Jangan menyentuh layar LCD dengan benda-benda keras seperti ballpoint. Hal ini sering terjadi saat kita secara tidak sengaja menunjukkan sesuatu yang ada di layar LCD saat belajar maupun presentasi.

3. Hindari menggunakan laptop di atas permukaan lembut seperti bantal, selimut dan tempat tidur. Mengapa? Karena sebagian besar laptop memiliki ventilasi udara  yang berfungsi menjaganya tetap dingin di dasar. Dan jika Anda memblokir ventilasi itu dengan kain tertentu, Anda meningkatkan kemungkinan menjadi panas. Jadi untuk amannya, yang terbaik adalah menggunakan laptop Anda pada permukaan yang padat seperti kayu atau kaca.

4.Jangan mematikan komputer secara paksa dengan menekan tombol power, tunggulah sampai Windows benar-benar telah mati ter-shut down dengan sempurna.

5. Periksa dan kurangi program aplikasi yang di load secara otomatis saat start-up Windows.

6. Jangan mencharger laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charger dari stop kontak listrik jika baterai telah full dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi.

7. Bersihkan bagian luar laptop Anda dengan menggunakan kain lembut. Jika Anda ingin membersihkan keyboard Anda, hentikan penggunaan vacum cleaner karena dapat merusak beberapa bagian internal dari laptop Anda. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan sikat lembut statis yang efektif dalam mengangkat debu di antara lipatan kecil.

8. Bila Anda berencana membawa Laptop bersama Anda, pastikan laptop aman dalam tas empuk dan nyaman yang mencegah laptop Anda dari banyak bergerak. Hal ini penting karena gerakan terlalu banyak mungkin melonggarkan beberapa koneksi yang pada gilirannya menyebabkan gagal boot.

9. Jangan goyangkan laptop/notebook/netbook saat digunakan. Kenapa? Getaran atau goyangan yang ditimbulkan dalam kondisi stanby atau menyala membuat harddisk laptop tidak tahan lama dan muda rusak. Karena memang pada dasarnya saat laptop menyala, piringan dalam hard disk berputar sangat cepat untuk melakukan proses baca tulis data, sehingga piringan tersebut sangat peka terhadap getaran atau goyangan. Efek yang ditimbulkan biasanya jangka panjang. Hard disk akan mengalami bad sectors (istilah untuk bagian piringan harddisk yang rusak) dan jika bad sectors sudah terlalu banyak, hard disk akan mengakhiri tugasnya, alias wafat alias tidak bisa melakukan proses baca tulis. Selamat  tinggal hard disk malang.. Tenang ada cara pencegahannya: jangan pernah goyangkan laptop saat dipakai. Jika ingin memindahkan laptop, bawa laptop dengan posisi stabil / tidak miring

10. Jangan gunakan laptop sembari melakukan pengisian baterai. Kalau untuk permasalahan ini sepertinya banyak yang sudah mengetahuinya. Seperti handphone yang tidak baik digunakan dalam keadaan charging, laptop juga sama. Men-charger laptop dalam posisi standby membuat aliran listrik di dalam baterai kurang stabil. Apalagi mencopot baterai dan mengganti charger sebagai sumber daya utama laptop. Sangat tidak disarankan. Kenapa? Karena bisa saja tegangan listrik dalam stop kontak naik turun. Efeknya, baterai menjadi cepat habis walau tidak digunakan (drop). Sedangkan dalam kasus mencopot baterai dan menggantinya dengan charger, membuat aliran listrik dalam motherboard laptop tidak stabil, apalagi jika tegangan listrik dari stop kontak benar-benar naik turun atas bawah kanan kiri, bahaya tuh. Sama seperti kasus pertama, motherboard akan cepat rusak. Pencegahannya, lakukan charging atau pengisian baterai pada laptop dalam kondisi mati. Jika terpaksa harus dihidupkan, lebih baik copot baterai dan ganti sumber daya utama laptop dengan charger. Tetapi dengan syarat, gunakan stabilizer di stop kontak agar tegangan listrik stabil sebelum digunakan oleh si laptop tersayang.

11.   Bersihkan disk minimal satu kali seminggu ( Klik Windows + E , klik kanan salah satu Disk,pilih properties,general,disk cleanUp, centang semua,klik OK dan delete file ).

12. Juga jangan lupa lakukan defrag secara berkala pada setiap drive. ( Klik Windows + E , klik kanan salah satu Disk, pilih properties, tool, Defragment now,analyze disk dan jika ada terdefragmented piliih defragment disk ).
Semoga bermanfaat!

Sumber :
Posted by: M Yanhar
19:46